Berpikir Kritis Bukan Mengajarkan Bagaimana Orang Bertengkar

Berpikir Kritis Bukan Mengajarkan Bagaimana Orang Bertengkar

Wakhidahmad.com - Dalam beberapa tahun terakhir, pola pikir telah menjadi sangat populer. Dari sekian banyak cara berpikir, berpikir kritis telah mendapat perhatian paling besar. Banyak orang melihat kata kritik dan secara naluriah menyamakannya dengan kritik dan bahkan pertengkaran, paling tidak, mereka juga merasa bahwa ini adalah cara berpikir yang keras, agresif dan menantang.

Ini adalah kesalahpahaman besar dari pemikiran kritis kita.Padahal, pemikiran kritis tidak secara langsung menentang apa pun. Ini adalah sebuah keterampilan penting dalam pengembangan pola pikir. Dalam sistem pendidikan barat, berpikir kritis umumnya ditetapkan sebagai tujuan dasar pendidikan tinggi. Dengan kata lain, ini adalah cara berpikir yang harus dimiliki setiap orang dengan pendidikan tinggi.

Jadi apa sebenarnya pemikiran kritis?

Pemikiran kritis berasal dari cara berpikir dan diskusi yang memiliki Pertanyaan dan Jawaban dikenal dengan istilah Socrates.Kita tahu bahwa Socrates adalah salah satu filsuf Yunani kuno paling terkenal. Etimologi kritis berasal dari kata Yunani kritikos, yang berarti penegasan, wawasan, dan penilaian, dan memiliki makna yang tajam dan cerdas.

Socrates adalah proses penalaran dan spekulasi logis, yang membutuhkan pemikiran lebih lanjut tentang konsep dan definisi, dan analisis masalah lebih lanjut. Ini adalah roh yang sangat berharga, artinya manusia dapat menggunakan senjata pikiran ribuan tahun yang lalu untuk memahami penampilan dunia dan diri secara mandiri.

Waktu sudah berjalan ribuan tahun, dan sekarang kita memiliki pemahaman yang mendalam dan komprehensif tentang pemikiran kritis. Kita dapat melihat bahwa orang-orang dengan pemikiran kritis sering memiliki kemampuan kognitif sebagai berikut. 

Kemampuan untuk menemukan masalah, mengumpulkan informasi, menganalisis data, dan mengevaluasi bukti.
Kemampuan untuk mengidentifikasi perbedaan antara klaim pribadi dan penilaian logis.
Kemampuan untuk menemukan hukum universal dan mengevaluasi kekakuan logisnya.
Kemampuan untuk bernalar secara wajar dan jelas dan efektif menafsirkan kesimpulan.

Berpikirkritis adalah kemampuan untuk mengevaluasi, membandingkan, menganalisis, mengeksplorasi, dan mensintesis informasi. Kritis mengacu pada penilaian yang bijaksana, jadi bukan pemikiran kritis untuk memegang perspektif yang berbeda dari orang lain.

Definisi berpikir kritisdari dari John Dewey, seorang filsuf Amerika. Dewey menyebutnya pemikiran reflektif dalam How We Think dan mendefinisikannya seperti ini, Berpikir reflektif atau berpikir aktif, terus menerus, dan hati-hati tentang ide - ide dan pengetahuan yang diakui , caranya adalah dengan mengeksplorasi apa yang dimiliki pengetahuan pendukung dan kesimpulan apa yang dapat dihasilkannya.

Baca Juga : PendidikanMultikultural Dan Kewarganegaraan

Definisi paling populer dari berpikir kritis saat ini berasal dari pendidik Robert Ennis, yang percaya itu adalah pemikiran rasional dan reflektif  tujuannya adalah untuk menentukan apa yang kita yakini dan apa yang harus dilakukan.

Dilihat dari definisi ini, berpikir kritis adalah pemikiran konstruktif, pemikiran berorientasi praktik, dan tidak berarti bahwa itu buta terhadap argumen orang lain. Proses kognitif yang biasa kita lakukan seringkali tidak berusaha untuk memahami, dan begitu kita mendengar satu hal, kita mengetahuinya. Beberapa orang berpikir sedikit lebih dalam, mereka akan menemukan cara untuk memahami sebab dan akibat dari masalah tersebut, dan memahaminya dalam bentuk kausalitas.

Berpikirkritis tidak hanya membutuhkan tingkat penyerapan informasi tetapi juga analisis, perbandingan, dan evaluasi, dan tinjauan komprehensif sebelum mencapai pemahamannya sendiri. Dari perspektif ini tentu saja, pemikiran kritis juga merupakan jenis pemikiran dengan kecenderungan untuk mempertanyakan dan membantah, namun, pertanyaan dan penolakan seperti itu haruslah rasional.

Itu tidak bertujuan pada penegasan atau penolakan murni, tetapi lebih pada wajar Penghakiman adalah tujuan dan konstruksi dan pengembangan arah. Oleh karena itu, pertanyaan dan sanggahannya didasarkan pada empiris dan logis, refleksi diri dan otonomi rasional.Dengan kata lain, berpikir kritis bukanlah argumen yang berisik, juga bukan serangan kritis terhadap pendapat dan kepribadian orang lain, tetapi suatu proses penyempurnaan pemikiran sendiri menggunakan alat logis.

Titik utama pemikiran kritis adalah memutuskan setelah penyelidikan rasional. Penyelidikan rasional adalah kunci untuk membuka kontennya. Bagi para pemilik pemikiran kritis, tidak penting apa titik awal dari penyelidikan, yang penting adalah keadilan, keterbukaan, dan kelengkapan proses penyelidikan. 

Terlepas dari apakah proses berpikir adalah untuk menemukan kesalahan atau untuk menemukan bukti positif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Selama prinsip-prinsip kelengkapan, keragaman, keadilan dan keterbukaan diikuti dalam proses berpikir, pada akhirnya  tidak peduli apa niat awalnya, baik ide positif maupun negatif semua akan dimasukkan.Hasilnya akan sampai pada kesimpulan yang adil.

Seseorang dengan pemikiran kritis juga akan memiliki banyak karakteristik dalam pemikirannya. Seperti, tidak tergesa-gesa, tidak mengomentari secara membabi buta, berpikir dengan hati-hati tentang masalah, mempertahankan rasa ingin tahu dan mempertanyakan sikap, menyadari keberadaan prasangka dan diskriminasi, dan mengatasi prasangka tersebut. Dampak pada penilaian, sikap toleran dan terbuka, pandangan rasional dari berbagai sudut pandang pemahaman orang lain, kesediaan untuk mengubah sudut pandang mereka sendiri, dll.

Bagi mereka, metode argumen yang menggunakan otoritas seharusnya tidak sepenuhnya dapat dipercaya. Mereka juga dan tidak akan dengan mudah membuat penilaian berdasarkan omong kosong manusia, juga tidak akan memproyeksikan stereotip dan kognisi palsu ke dalam argumen.

Berdasarkan kualitas-kualitas ini, berpikir kritis lebih dari sekadar alat berpikir yang meningkatkan efisiensi. Orang-orang bijak yang hebat menggunakannya untuk membangun pemahaman yang jelas tentang sejarah kita dan dunia, dan sistem filosofi dan budaya kita. Ini menunjukkan bahwa pemikiran kritis adalah cara berpikir yang penting dalam membangun peradaban. Namun, kita masih penuh dengan ketidaktahuan dan kesalahpahaman, apalagi menggunakannya untuk meningkatkan imajinasi dan kreativitas kita.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama